Musabaqoh Akhir Sanah 1440 H/2019 M, Ponpes Al-Hikamussalafiyah Cipulus


Musabaqoh Akhir Sanah (Musanah) 1440 H/2019 M, merupakan bagian dari Agenda Tahunan di Pondok Pesantren Al-Hikamussalafiyah, Cipulus.

Dari jumlah santri/at yang sekitar 4000 orang, semuanya turut berpartisipasi untuk terselangara dan lancarnya acara ini. Sudah menjadi Legenda bahwa ada 4 Kafilah yang mewakili daerahnya masing-masing, yaitu:

musabaqoh akhir sanah (MUSANAH) 2019


1. Salap (Santri Asal Purwakarta), sebagai tuan rumah, walau dilihat dari kuantitas SDMnya tidak sebanyak kafilah lain.
2. Iksas (Ikatan Santri Asal Subang), siapa yang tidak kenal ikasas, walau SDMnya hampir sama dengan Salap tapi daya juangnya luar biasa, Subanh Motekar.
3. Hisjab (Himpunan Santri JaBoDeTaBek), Ya, Hisjab merupakan satu-satunya kafilah yang diisi oleh SDM dari berbagai macam Daerah, dan jika dibandingkan dengan Salap, Hisjab sekarang memiliki SDM yang lebih banyak.
4. Hispika (Himpunan Santri dan Pelajar Islam Karawang). Yang satu ini dengan kuantitas terbanyak. Munkin bisa saja nanti dibagi benjadi 2 blok, mengingat akan semakin banyaknya santri asal Karawang.

Musabaqoh Akhir Sanah (Musanah) 2019


Itulah nama-nama Kafilah yang mewakili daerahnya masing-masing. Jika dilihat dari history dulu, pekan perlombaan musabaqoh ini di adakan di bulan Muharram, namun karena pergeseran bulan hijriyyah lebih cepat dibandingkan masehi, dan pelajaran pesantren yang dikajinya pun belum sampai ada target layak mengadakan perlombaan, dialihkanlah ke bulan rajab, dengan tujuan agar para santri bisa lebih matang dibidang pelajaran yang dikaji di majlisnya masing-masing. Karena tujuan dari musabaqoh ini bukan hanya untuk unjuk gigi semata.

Pada dasarnya, diagendakan acara MUSANAH ini disamping agar para santri lebih giat lagi untuk belajar, tapi sebagai barometer sudah sampai mana kemampuannya menyerap ilmu-ilmu yang telah mereka kaji. Karena untuk meningkatkan kualitas kita perlu melihat sampai mana batas yang telah kita bisa.

Harapan besar dari diselenggarakannnya acara ini, para santri termotivasi dalam belajar, karena belajar adalah tugas kita, sebagai penerus bangsa Indonesia tercinta.

0 Response to "Musabaqoh Akhir Sanah 1440 H/2019 M, Ponpes Al-Hikamussalafiyah Cipulus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel