Duh, Harga Cengek Jablay Sepedas Rasanya

harga cengek jablay
tribunnews,com

Cengek Jablay atau cabe rawit setan saat ini dipasaran Cianjur menembus harga 80 ribu per kilo yang sebelumnya hanya 40-50 ribu.

Ketidakstabilan harga cabe merah ini dikeluhkan oleh ibu-ibu dan industri kuliner seperti bakso dan mie ayam, pasalnya keberadaan cabe tersebut menjadi sangat penting untuk menjaring pembeli dan tetap memproduksi kuliner yang dijualnya.

Tingginya harga cengek di pasar bukan tanpa alasan, diakibatkan oleh kurangya produksi petani karena cuaca yang tidak stabil dan serangan hama. Banyak petani gagal panen, cabai jadi busuk dan timbul bercak-bercak yang sulit dihilangkan walaupun disemprot pestisida.

Dikhawatirkan, ditengah sulitnya mendapatkan cabai yang berkualitas ada oknum yang sengaja menaikan harga cabe dan mempercepat pematangan cabe dengan menyemprotkan zat kimia sehingga tampilan warnanya sangat cerah mirip dengan cabai yang sudah matang padahal kondisinya masih belum memasuki waktu panen.

Penggunaan zat kimia akan mengganggu kesehatan konsumen karena zat kimia susah bahkan tidak bisa diurai dalam tubuh dalam waktu singkat. Untuk itu, pembeli diharapkan lebih waspada terhadap " cabe siluman " untuk mengurasi resiko yang ditimbulkannya, jika dirasa curiga sebaiknya tidak membeli atau bisa dilaporkan ke pihak berwenang.

0 Response to "Duh, Harga Cengek Jablay Sepedas Rasanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel