Apa yang dimaksud dengan Seni Rupa ?

gambar lukisan harimau
salah satu karya seni rupa

Kalau mau to the poin silakan skrol hingga bagian terakhir tentang seni rupa,,,
Jika ingin lebih mendalami pembukaan tentang seni rupa silakan baca dari awal hingga akhir,,, 
Sebagai pecinta seni maka kita wajib mengetahui dasar-dasar ilmu seni terlebih dahulu agar kamu tidak mentok ketika ada hal-hal yang ditanyakan mengenai seni. Sebelumnya telah saya singgung juga fungsi seni, silakan buka halaman tersebut jika anda belum mengetahuinya.

Terima kasih anda telah mengunjunginya,,
Sebelum menyinggung seni rupa mari kita pahami dulu pengertian seni,,

Istilah seni dalam beberapa literatur mempunyai ragam pengertian sesuai dengan argumentasinya masing-masing, akan tetapi saya ambil dari salah satu mata kuliah saya tentang seni yang menyatakan bahwa seni berasal dari istilah " sani " dalam bahasa sansekerta yang berarti pemujaan, pelayanan, donasi, permintaan atau pencarian hormat dan jujur. Pandangan ini dikemukakan oleh Sugriwa, 1957 : 219-133.

Belum sampai disitu,,

Ada juga yang mengatakan bahwa seni berasal dari bahasa Belanda " Genie " atau jenius,,
masih dengan versi lain, seni juga kadang disebut Cilpa yang bermakna " berwarna " (kata sifat) atau pewarna (kata benda) kemudian berkembang istilah menjadi Cilpacastra yang berarti macam kekriyaan (hasil keterampilan tangan).

Dari pandangan-pandangan diatas setidaknya sudah ada gambaran apa itu seni,, kurang lebih seperti ini " seni merupakan karya imajinasi ataupun non imajinasi seseorang yang berasal dari keterampilan tangan dan daya imajinasi untuk menghasilkan karya artistik dan kepuasan bagi pembuatnya " ingat itu bukan pengertian baku yang ilmiah , hanya versi saya sendiri...

Dalam perkembangan selanjutnya, asal kata seni muncul berbagai pengertian seni yaitu seni sebagai karya seni ( work of art ), seni sebagai kemahiran (skill) dan seni sebagai kegiatan manusia (human activity).

Seni sebagai karya yang berarti bahwa seni atau keindahan adalah sesuatu yang menghasilkan kesenangan,

beda dengan sekedar rasa gembira karena mempunyai unsur transendental atau spiritual, misalnya lukisan dinding goa yang dipercaya berasal dari zaman pra sejarah memiliki nilai mistis-religi dan magis yang membangkitkan semangat dan sugesti terhadap binatang buruan manusia purba masa itu.

Ada lagi contohnya, pernahkan anda mendengar Gunung Padang di Cianjur ? ya objek wisata yang dipercaya sebagai peninggalan zaman megalitikum dimana dilokasi tersebut terhampar batu-batu purba yang dipercaya sebagai alat musik zaman purba, keadaannya sampai saat ini masih dikaji oleh penelitis sejarah sebagai karya seni yang menggambarkan bagaimana kemampuan manusia zaman dahulu terhadap apresiasi karya seni.
foto gunung padang Cianjur
batu yang terhampar di Gunung Padang mempunyai bunyi masing-masing


Seni sebagai kemahiran
Pengertian ini dimaknasi sebagai sebuah kemampuan dalam membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai tujuan yang ditentukan oleh rasio ataupun gagasan secara logis, pendapt ini dinyatakan oleh Aristoteles.

Apakah anda sudah mahir dalam hal berkaitan dengan seni ?

Lihatlah autobigrafi para pecinta seni seperti khairil anwar dengan puisinya, Idris Sardi dengan kemahirannya dalam violis Indonesia , kemahirannya sudah diakui oleh masyarakat Indonesia karena improvisasi-improvisasi nada kreatifnya, masih ada lagi,, Rhoma Irama dengan lagu dangdutnya yang berjumlah ratusan judul dan mendapat gelar raja dangdut. Kehidupan mereka bukan karena kebetulan, tetapi kerja keras dan kemahirannya menghasilkan karya yang fenomenal.

Masih ada lagi,,

Seni sebagai kegiatan manusia (aktifitas)
Leo Tolstoy menyatakan bahwa seni merupakan kegiatan sadar manusia dengan perantara lahiriah tertentu untuk mengungkapkan perasaan yang telah dihayatinya kemudian diekspos kepada orang lain sehingga bisa menghipnotis orang lain seolah-olah mereka masuk dalam konteks tersebut.

Saya rasa pengertian seni sudah lumayan bisa dipahami,,, jika artikel ini dirasa kurang memmecahkan masalah silakan cari referensi lain ya,, tidak akan marah kok, sedikit mewek :D

Masih semangat untuk membaca artikel ini ? mari kita lanjutkan ke babak baru tentang jenis-jenis seni,,, sebelumnya telah saya ulas juga jenis seni, silakan diobak-abik .
Secara singkat cabang seni terbagi kedalam tiga kelompok yaitu seni rupa, seni pertunjukan dan seni sastra.

gambar cabang seni rupa
Struktur Cabang Seni Rupa

Untuk memperdalam materi, mari saya jelaskan masing-masing jenis tersebut,,, dimulai dari

Seni sastra
Seni Sastra merupakan gabungan dari dua suku kata yaitu seni (ungkapan perasaan yang memiliki estetika dan "shastra" berasal dari bahasa sansekerta bermakna panduan ataupun pedoman. Jadi singkatnya seni sastra adalah karya seni etstetik yang dituangkan dalam bentuk kata-kata, ucapan ataupun bahasa sebagai alat untuk menyampaikan pesan moral berupa panduan-panduan yang bisa dilakukan oleh penikmat sastra.
gambar seni sastra
prosa dan puisi adalah bagian dari seni sastra


Seni sastra tidak berdiri sendiri, sesuai dengan kaidahnya maka seni sastra terbagi kedalam dua bentuk yaitu Prosa dan Puisi.

Prosa adalah suatu jenis tulisan yang dibedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar, serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya. Kata prosa berasal dari bahasa Latin "prosa" yang artinya "terus terang". Jenis tulisan prosa biasanya digunakan untuk mendeskripsikan suatu fakta atau ide. Karenanya, prosa dapat digunakan untuk surat kabar, majalah, novel, ensiklopedia, surat, serta berbagai jenis media lainnya.

Prosa juga dibagi dalam dua bagian, yaitu prosa lama dan prosa baru, prosa lama adalah prosa bahasa indonesia yang belum terpengaruhi budaya barat, dan prosa baru ialah prosa yang dikarang bebas tanpa aturan apa pun.

Puisi (dari bahasa Yunani kuno: ποιέω/ποιῶ (poiéo/poió) = I create) adalah sebuah seni tertulis. Dalam bentuk seni ini, seorang penyair menggunakan bahasa untuk menambah kualitas estetis pada makna semantis.

Penekanan pada segi estetik suatu bahasa dan penggunaan sengaja pengulangan, meter, dan rima adalah yang membedakan puisi dari prosa. Namun perbedaan ini masih diperdebatkan. Pandangan kaum awam biasanya membedakan puisi dan prosa dari jumlah huruf dan kalimat dalam karya tersebut. Puisi lebih singkat dan padat, sedangkan prosa lebih mengalir seperti mengutarakan cerita.

Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefinisikan puisi tidak sebagai jenis literatur tetapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu, puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.

Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja (melingkar, zig zag dan lain-lain). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannya. Puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca, hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tetapi penulis selalu memiliki alasan untuk segala 'keanehan' yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi. Ada beberapa perbedaan antara puisi lama dan puisi baru.

Namun beberapa kasus mengenai puisi modern atau puisi cyber belakangan ini makin memprihatinkan jika ditilik dari pokok dan kaidah puisi itu sendiri, yaitu 'pemadatan kata'. Kebanyakan penyair aktif sekarang, baik pemula ataupun bukan, lebih mementingkan gaya bahasa dan bukan pada pokok puisi tersebut.

Di dalam puisi juga biasa disisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah. Majas tersebut juga bermacam-macam, salah satunya adalah sarkasme yaitu sindiran langsung dengan kasar.

Di beberapa daerah di Indonesia puisi juga sering dinyanyikan dalam bentuk pantun. Mereka enggan atau tak mau untuk melihat kaidah awal puisi tersebut.

Apakah kamu sudah faham tentang seni sastra ? jika iya, selamat anda telah mendapatkan ilmu baru,,,

Jangan berhenti sampai disitu,,

masih ada kelanjutannya yaitu,,

Seni Pertunjukan
Seni pertunjukan dibidik dari istilannya masih kamu sudah faham betul, intinya seni pertunjukan adalah karya seni yang dituangkan dalam bentuk nyata serta murni gerakan yang dipentaskan diatas panggung,,, banyak buku yang mengulas tentang seni pertunjukan, sesuai tempatnya, seni pertunjukan dibedakan menjadi Seni Tari, Musik dan Teater.

gambar bagian seni pertunjukan
pembagian seni pertunjukan


Waduh masih panjang ternyata,,

Seni Tari
Menurut para ahli tentang seni tari yaitu :
Soedarsono : “Tari adalah sebuah ungkapan dari dalam jiwa manusia yang di ekspresikan melalui gerakan ritmis yang indah (estetis)”. Maksud dari Dr. Soedarnoso ungkapan rasa adalah keinginan dari dalam diri seorang yang melimpahkan atau menujukan rasa dan emosional seorang tersebut.

Sedangkan gerakan ritmis yang indah adalah gerakan tubuh yang disesuaikan dengan irama nada yang mengiringinya, sehingga menciptakan daya pesona yang memikat bagi yang melihatnya”.

Corrie Hartong : “Tari adalah perasaan yang mendesak dari dalam diri manusia, yang mendorong untuk mencari ungkapan yang berbentuk gerakan yang ritmis”. Jadi maksudnya adalah dikatakan tari jika gerakan itu ritmis”.

Yulianti Parani : “gerakan ritmis yang keluar dari sebagian tubuh atau seluruhnya yang dilakukan seseorang ataupun kelompok yang disertai dengan ekspresi tertentu”.

Aristoteles : “Gerakan ritmis yang menghadirkan suatu karakter manusia saat mereka bertindak”.

Sachs : “Suatu ungkapan jiwa manusia melalui suatu gerak berirama yang mempunyai nilai tertentu”.

Pangeran Suryadiningrat : “Tari adalah gerakan yang dihadirkan oleh seluruh anggota tubuh seseorang yang dilakukan selaras dengan irama musik dengan maksud tertentu”.

Enoch atmadibrata : “Tari adalah gerakan tubuh yang tersusun di dalam suatu ruang dan berlandaskan irama dan gerak”.

Bagong Sudito : “Seni tari adalah suatu seni berupa sebuah gerakan ritmis yang menjadi alat ekspresi manusia”.

I Gede Ardika : “Seni tari adalah suatu hal yang mampu untuk melaraskan gerak tubuhnya dengan irama tertentu”.

Haukins : “ Seni tari adalah suatu ungkapan jiwa yang dijadikan bentuk suatu gerakan oleh imajinasi penciptanya sendiri”.

Irmgrad Bartenieff dan Forrestine Paulay : “Seni tari adalah suatu bentuk seni ekspresionostis yang menggambarkan sikap jiwa manusia terhadap sebuah konflik dan masalah di dunia modern”.

Kamaladevi Chattopadhaya : “Tari adalah suatu desakan dari diri seseorang yang mengharuskan untuk diluapkan dan berbentuk gerakan yang ritmis”.

Judith Lynne Hanna : “Seni tari adalah seni plastis dari gerak visual yang terlihat sepintas”.

M.A Theodora Retno Maruh : “Seni tari adalah suatu karya seni gerak yang tak akan pernah bersifat kontemporer”.

Kamala Devi Chattopadhyaya : “Seni adalah suatu insting yang mendesak emosi dari dalam diri manusia yang mendorong”

Itu adalah artikel yang saya cubit dari berbagai sumber yang bisa kamu baca-baca untuk pengetahui seni,,,

Dalam Seni Tari kalian juga akan mengenal unsur-unsur seni tari yang terdiri dari
Wiraga (raga) bermakna menampakan gerakan badan baik dalam posisi duduk maupun berdiri,

Wirama (irama) sebuah tarian harus diiringi oleh irama yang dapat menyatu dengan gerakan sesuai jenis irama dan tempo yang digunakan sehingga terbentuk seni tari sempurna.

Tidak hanya itu,,,

Dalam seni tari juga harus mengandung unsur Wirasa (rasa) sebuah seni tari harus menyampaikan pesan moral dan estetik melalui perasaan yang ditampilkan, dalam istilah umumnya dikenal dengan mimik,,,ketiga unsur diatas sudah mutlak harus ada dalam seni tari, kalian sudah mahir dalam hal ini ? selamat anda bisa mengembangkannya,, atau kalian belum pernah belajar ? belajarlah pada ahlinya ditempat terdekat kalian,,, simpel juga sih..

Yang terakhir adalah topik utama dalam artikel ini yaitu Seni Rupa,,,

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan, proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Sedangkan, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar saja dan seni rupa 3 dimensi yang memiliki panjang lebar serta ruang.

Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.seni rupa terbagi menjadi dua bagian yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni rupa terapan 

dikenal juga dengan " applied art " adalah karya seni yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari mengandung nilai fungsi tertentu disamping nilai seni yang dimilikinya. Fungsi karya seni rupa bisa dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis.

Fungsi estetis adalah fungsi yang semata-mata ditujukan sebagai benda hias misalnya, karya batik atau tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding, benda kerajinan, topeng, dan vas bunga.
gambar seni rupa terapan
karya seni rupa terapan pada hiasan dinding

Sedangkan fungsi praktis adalah karya seni yang tujuan pokok pembuatannya ditujukan sebagai benda pakai misalnya, perabotan rumah tangga, meja, kursi dan tekstil.

Seni Rupa Murni

Merupakan karya seni yang hanya fokus pada keindahan untuk dinikmati saja, bagian dari karya seni murni diantaranya adalah seni lukis, kriya dan patung.

Seni lukis adalah karya seni yang dituangkan dalam bentuk karya imajiner menggunakan media kertas ataupun canvas yang diaplikasikan dalam bentu tidak nyata, beda halnya dengan gambar yang memindahkan gambar objek nyata.

Seni lukis mempunyai banyak aliran, karya fenomenal yang paling monohok dari seni lukis adalah lukisan abstrak.
gambar contoh lukisan abstrak
salah satu lukisan abstrak
Oh iya saya juga ada salah satu # lukisan harimau kiriman dari bang Ipang Pekanbaru,, silakan dilirik ,,

Kriya merupakan kegiatan seni yang lebih fokus pada kemahiran tangan dan fungsi mengolah bahan baku yang sering ditemukan dilingkungan sekitar yang kemudian dikreasikan sehingga menghasilkan nilai estetika. Banyak bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kriya seperti logam, kain, kulit maupun kayu.
salah satu contoh kriya dari kayu



Patung
Adalah benda karya tiga dimensi yang diakui banyak masyarakat sebagai karya seni rupa murni, orang yang membuat patung disebut juga dengan pematung. Pembuatan patung dicipta untuk penyembahan kepada Tuhan pada masa itu, namun sampai sekarang patung dijadikan sebagai objek vital untuk merelaksasikan perasaan karena keindahannya yang sangat luar biasa.
gambar seni rupa patung
ada yang patung siapa ?

Pembuatan patung biasanya menggunakan bahan yang tahan lama seperti batu, logam, perak, emas, jade dan gading.

Untuk menciptakan karya seni rupa yang artistik dibutuhkan keterampilan tingkat lanjut karena proses penciptaannya terbilang sulit, untuk itu buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam tentang seni maka seni rupa wajib kamu pelajari, jika waktu kamu luang bisa mengambil kursus ataupun kuliah jurusan seni,,

Bagaimana apakah kamu sudah faham ? jika sudah berarti keberhasilan saya menyampaikan sedikit ilmu seni,, jika ada yang mau ditanyakan ataupun menyanggah silakan hubungi saya,,,

Sekian dulu dalam pembahasan kali ini, insya Allah kedepannya akan saya lengkapi untuk meningkatkan pengetahun anda mengenai hakikat seni..

Rujukan:

https://id.wikipedia.org/wiki/Sastra
https://id.wikipedia.org/wiki/Prosa
https://id.wikipedia.org/wiki/Puisi
https://ceritaihsan.com/pengertian-seni-tari/

0 Response to "Apa yang dimaksud dengan Seni Rupa ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel