Home » » Mengenal Istilah dan Jenis Seni

Mengenal Istilah dan Jenis Seni

gambar seni
Salah satu karya seni yang indah

Barangkali anda adalah seorang guru yang ditugaskan untuk mengajarkan pelajaran seni ke murid alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu hakikat seni.

Istilah seni ada banyak sekali versi yang beredar, kata seni diambil dari istilah “ Sani “ dalam bahasa sansekerta yang berarti pemujaan,pelayanan,permintaan ataupun pencarian dengan hormat dan jujur ( Sugriwa,1957:219-133). Ada pula yang berpendapat berasal dari bahasa Belanda , Genie atau jenius.

Masih dalam versi lain , istilah ada yang menyebut dengan cilpa yang berarti berwarna ( kata sifat ) atau pewarna ( kata benda ) kemudian berkembang menjadi cilpacastra yang berarti segala macam kekriyaan ( hasil keterampilan tangan seseorang ) yang penuh keanekaragaman warna (artistik).

Seni Berdasarkan jenisnya :

1. Seni Rupa
a. Seni  Terapan (Desain)
b. Seni Murni ( Lukis,Kriya,Patung )
2. Seni Pertunjukan ( Tari,Musik,Teater)
3. Seni sastra (Prosa,Puisi)

Dalam pendidikan di sekolah, pembelajaran seni tidak dimaksudkan untuk mencetak murid sebagai seniman melainkan hanya memberikan modal untuk pengetahuan saja supaya lebih terarah sehingga seorang seniman membutuhkan waktu,keuletan dan kemapanan dalam mengeksplor perasaan jiwanya untuk menghasilkan karya artistik. Untuk lebih menguasai bidang seni, maka kita bisa masuk jurusan seni ( kuliah ),sekolah seni ataupun kursus.