Home » » Fungsi Seni Bagi Masyarakat Tradisional dan Modern

Fungsi Seni Bagi Masyarakat Tradisional dan Modern

gambar wayang golek
Pertunjukan wayang Golek, salah satu karya seni yang dalam alurnya disisipkan pesan moral dibalik kesenangan penontonnya

Istilah Seni mungkin telah kita ketahui dengan seksama yaitu berasal dari istilah “ Sani “ dalam bahasa sansekerta yang berarti pemujaan,pelayanan,permintaan ataupun pencarian dengan hormat dan jujur ( Sugriwa,1957:219-133). Ada pula yang berpendapat berasal dari bahasa Belanda ,Genie atau jenius. Kelanjutannya dengan artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas secara singkat Fungsi Seni dalam perspektif masyarakat tradisional dan modern.

Fungsi Seni bagi Masyarakat Tradisional

a. Sebagai Pemujaan/Penyembahan
Fungsi seni sebagai pemujaan memang dilihat dari historis masyarakat tempo dulu yang masih terbelakang. Kehidupan masa itu itu belum mengenal adanya instrument ataupun busana dan gerak sehingga kecenderungan seni ritual pada masa lalu lebih menekankan pada misi daripada fisik dan maupun bentuk. Pada saat itu pula bentuk seni sebagai pemujaan masih sangat sederhana baik dari sisi gerak,iringan musikk maupun busana yang digunakan.
Di Indonesia sendiri masih dapat kita jumpai di berbagai sudut dimana acara ritual tertentu biasanya diiringi dengan tarian dan musik yang khas digunakan sebagai pemanggil arwah dan roh leluhur namun bagi umat islam memang hal ini sangat bertentangan sekali.

b. Tuntunan
Fungsi Seni sebagai tuntunan lebih menyentuh pada misi yang secara verbal diungkapkan. Pelaku seni dalam hal ini merupakan suatu perantara untuk memberikan pesan moral bagi pendengar untuk menuju hal-hal yang berkaitan dengan tatakrama dan agama.
Seperti kita ketahui dari berbagai literatur,penyebar islam di tanah Jawa seperti Sunan Kalijaga menggunakan media wayang sebagai media untuk menarik minat masyarakat yang pada itu umumnya menganut agama Hindu, setelah berkumpul maka didalamnya disisipkan pesan moral dan perbaikan akhlak yang menuntun masyarakat untuk berkehidupan yang baik dan sesuai tuntunan.

c. Seni Sebagai Hiburan
Dalam hal ini tidak ditekankan pada sebuah misi melainkan untuk hiburan dan tontonan warga saja sehingga tidak ada unsur-unsur yang mengikat. Seni yang menghibur adalah pertunjukan yang bisa memberikan kesenangan pada seseorang ataupun kelompok.
Dalam catatatan sejarah, sebelum meratanya Televisi di Indonesia kala itu hanya ada sebuah dagelan wayang golek dan wayang orang sebagai media hiburan. Semakin majunya teknologi seperti tv acara hiburan masyarakat tersebut sekarang sudah jarang ditemukan.

Fungsi Seni bagi Masyarakat Modern

Kedudukan seni bagi masyarakat modern berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern  yang sangat beragam. Dalam berbagai sisi kehidupan dapat kita jumpai berbagai pertunjukan dan karya seni yang mengundang sebagai magnet terbesar dalam kehidupan. Tanpa seni bagaikan masakan tanpa bumbu terasa hambar dan tidak jelas.
Dalam catatan akademis , bagi masyarakat modern fungsi seni dapat dibetuk kedalam beberapa bagian yaitu :
1. Sebagai ekspresi diri
Manusia diciptakan dengan beragam keunikannya , kecenderungan seni sebagai aktualisasi diri merupakan bentuk dari semboyan seni untuk seni ( I art pour I art ). Hal ini merupakan salah satu bentuk kebebasan berekspresi bagi masyarakat dan tidak ada yang bisa melarangnya selama aktualisasi tersebut tidak bertentangan dengan budaya dan agama yang dianut.

2. Sebagai Pendidikan
Salah satu unsur menyampaikan pesan moral dapat menggunakan seni sebagai medianya , sehingga wajar saja seni sebagai media pendidikan yang merupakan unsur ataupun elemen yang harus dipelajari. Seorang pendidik ataupun pecinta seni harus bisa mengetahui karakter siswa dalam mengeskpresikan dirinya karena proses pembelajaran biasanya lebih cepat mengalami kemajuan berdasarkan mood mereka dan hal ini bisa dipelajari dan diterapkan melalui seni.

3. Seni Sebagai Insdustri
Seni digunakan dalam dunia industri untuk mendukung suatu produk yang dibuatnya. Media sosial dan multi media bagi masyarakat modern merupakan sesuatu yang lumrah. Kebutuhan seni dalam hal ini sebagai media promosi untuk menarik minat calon pembeli.
Di televisi dapat kita lihat tayangan iklan menggunakan desain menarik dengan backgroundnya adalah nama dan jenis produk. Atau juga dalam pamflet dan spanduk banyak kita lihat dan hal itu merupakan bentuk seni dalam industry sebagai media pendukung promosi sebuah produk.

4. Seni sebagai Terapi
Tidak semua orang mempunyai permasalahan yang sama , masalah yang timbul terlalu dipendam dalam akan mengakibatkan seseorang mengalami tekanan batin dan kemunduruan dalam hal lain. Maka terapi atau pengobatan tersebut bisa dilakukan melalui seni , sebagai contoh senam yoga yang dipercaya bisa membuat pelakunya rileks.

5. Seni sebagai komersial
Tujuan utama seseorang kadang berurusan dengan uang/komesil dan bisa didapatkan melalui seni. Sebuah karya seni baik musik,rupa dan sebagainya selagi menarik minat pembeli maka akan mendatangkan keuntungan bagi keduanya. Yang sekarang lagi marak adalah graffiti,musik dan mural yang bisa dihargai sangat mahal bisa puluhan hingga ratusan juta.