Mengenal Karakter Anak SD dalam Belajar

Dalam artikel ini saya sama sekali tidak ada maksud menggurui namun saya ambil berdasarkan apa yang saya lihat dan rasakan. Setiap hari saya memang bergelut di bidang pendidikan terutama menjadi guru kelas di salah satu sekolah negeri di Cianjur dan mengajar di kelas rendah ( kelas 2 ).

Setiap guru pastinya sudah mengetahui karakter masing-masing siswanya sehingga bisa dijadikan pertimbangan ketika akan bertindak sesuatu. Yang saya rasakan baru 2 bulan di SD bagian kelas dua rasanya ada hal-hal yang menarik tentang mereka.Keragaman karakter yang mereka miliki terasa lebih abstrak terkadang teknik dasar yang saya terapkan tidak berjalan mulus bagi yang lain namun mulus bagi yang lain artinya tidak semua bisa berjalan mulus.

Yang jelas , karakter mereka dalam kelas ada yang manja,mandiri,sopan,tidak sopan dan masih banyak lagi. Namun tidak menyulutkan niat saya untuk mentransfer sedikit ilmu untuk bekal mereka kelas setelah dewasa. Dari banyaknya karakter yang mereka miliki menjadi tantangan tersendiri untuk bisa menyesuaikan dengan gaya mereka sehingga penyampaian materi tidak buntu. Bagaimana cara menyesuaikannya ? saya tidak bisa share sekarang, akan tetapi jika anda telah masuk dunia pendidikan dan mengajar dalam satu minggu pasti sudah menemukan cara yang sesuai dengan karakter mereka.

Related Post

Next
Previous