Landasan Dasar Wawasan Nusantara (Wasantara)

gambar peta indonesia
peta Indonesia

Sejauh yang kita tahu di bangku SMA pasti sudah mengenal adanya Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila yang dijadikan sebagai ideologi serta dasar hukum Negara yang di gagas oleh Presiden Soekarno. Baca : Prestasi Bung Karno

Sejak zaman dahulu penjajah dibuatnya berang oleh perlawanan pahlawan-pahlawan bangsa dalam merebut kembali harta yang dirampas, mereka merelakan nyawa,harta,keringat,air mata dan tetesan darah demi tercapainya kemerdekaan.

Kemerdekaan dari penjajahan sejatinya mereka hanya menjadi tameng saja, fakta yang ada saat ini Indonesia dinikmati oleh anak cucu dan keturunannya yang hidup rukun,tenteram dan bersahaja. Pembukaan UUD 1945 mempunyai pengertian bahwa kemerdekaan bukanlah akhir dari perjuangan melainkan sebagai jalan tercepat dalam mewujudkan Negara Indonesia yang bersatu,berdaulat,adil dan makmur yang merupakan cita-cita mulia para pahlawan bangsa.

Landasan Dasar Wawasan Nusantara ( Wasantara )

Kita sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara harus menetapkan tujuan Nasional untuk menggapai cita-cita tersebut yang dinukil dari pembukaan UUD 1945 yang berisi:

"Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

"Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur."

"Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya."

"Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada :

Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab,persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan,
serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

Dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional tersebut maka dibutuhkan beberapa pertimbangan diantaranya adalah :
1. Pengalaman Sejarah
Setidaknya kita telah berurusan dengan Belanda selama 350 tahun dan Jepang 3,5 tahun. Sudah ratusan ribu nyawa melayang akibat pemerkosaan,kerja paksa,penghianatan dan pembaintaian. Para penjajah menjadikan Indonesia sebagai ladang yang luas dalam memperkaya diri karena pada masa itu masih minimnya persatuan dan kesatuan dalam perjuangan mengusir perjajah.

2. Geografis Indonesia
Indonesia membentang luas dari Sabang sampai Merauke yang dikelilingi oleh kepulauan. Menurut Deputi Kedaulatan Maritim Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman tercatat Indonesia terdiri dari 17.504 Pulau.

3. Sosial Budaya Indonesia
Indonesia terdiri lebih dari 255.461.700 jiwa (perkiraan sensus penduduk tahun 2015 ),300 kelompok etnis ,583 bahasa ( daerah ),busana,alat musik dan arsitektur yang beragam sehingga Indonesia disebut sebagai Negara majemuk.

4. Letak Geografis Strategis
Indonesia terletak diantara dua samudera (Hindia-Pasifik ) dan diantara dua benua ( Asia-Australia) menjadikan Indonesia berada pada jalur khatulistiwa (tengah) dimana seluruh kepentingan lintas Negara dan benua akan berlangsung dinegara kita. Berbagai macam kepentingan pun tidak akan pernah surut dari negara-negara lain sehingga bukan tidak mungkin dapat melunturkan identitas nasional kita jika tidak dilandasi dengan  nasionalisme.

Atas dasar inilah kita diharuskan mengetahui dan menerapkan wawasan nusantara nasional (Wasantara ) yang merupakan cara pandang tentang jati diri bangsa yang sebenarnya dan kemudian dijadikan dasar dalam mencapai tujuan nasional seperti tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Rujukan :
https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia
http://www.putra-putri-indonesia.com/pembukaan-uud.html