Bendera Indonesia Terbalik,Unsur Kesengajaan ?

Sepertinya kejadian yang menyenggol Indonesia yang dilakukan Malaysia tidak pernah berhenti , mulai dari blok Ambalat hingga insiden terbaliknya Bendera Indonesia di buku panduan Sea Games 2017.
gambar bendera indonesia terbalik
Bendera Indonesia terbalik di buku panduan sea games yang dibagikan ke pejabat dalam acara pembukaan sea games ( ditandai dengan lingkaran hijau )

Atas kejadian ini , seluruh rakyat Indonesia menuntut Malaysia meminta maaf secara resmi kepada Indonesia karena penaikan bendera yang dilakukan oleh pejuang-pejuang bangsa tidak hanya sebatas kesenangan seperti kita melainkan mereka mengorbankan harta,tenaga,darah dan keringat demi kemerdekaan Indonesia yang berdaulat. Baca juga : Isi Sumpah Pemuda
Menurut penelusuran di berbagai media online , Malaysia telah meminta maaf kepada pemerintah Indonesia dan menarik seluruh buku panduan yang terbalik itu.

Namun rupanya tak cuma di buku panduan SEA Games, gambar bendera Indonesia terbalik ternyata juga tercetak di koran Malaysia. Dari gambar yang beredar, bendera Indonesia tercetakputih-merah, bukan merah-putih di artikel berjudul 'Mencari Jagoan'.
Pemerintah Malaysia sendiri telah meminta maaf kepada Indonesia atas insiden gambar bendera Indonesia terbalik di buku panduan resmi SEA Games 2017. Pemerintah Indonesia pun menerima permintaan maaf Malaysia secara terbuka. 

"Ya sudah minta maaf, apa lagi? Justru karena tidak senang, maka minta maaf, dan pemerintah menerima dengan terbuka. Semua orang bisa buat kesalahan," kata JK setelah membuka acara Diaspora Global Summit di Hotel JS Luwansa, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017).
Sumber : https://inet.detik.com/cyberlife/d-3608847/protes-bendera-indonesia-terbalik-situs-malaysia-diretas

Namun bagi saya pribadi , hal ini tidak bisa dianggap sepele karena menyangkut identitas bangsa Indonesia , walaupun kesalahan ini dianggap tanpa unsur kesengajaan akan tetapi apakah benar seperti itu ? bukankan setiap hajat besar akan diawasi oleh teknisi-teknisi profesional ? disengaja atau tidak sudah barang tentu telah menyayat hati rakyat Indonesia dan semoga ini kejadian yang terakhir.
Bahkan saya mencoba mengakses kualalumpurmalaysia.com kemudian dialihkan ke http://beahappymillionaire.com/ dengan latar yang menampilkan terbaliknya bendera Indonesia dan lagu Indonesia Pusaka otomatis terputar di website tersebut.
gambar bendera indonesia terbalik
tampilan website kualalumpurmalaysia.com yang dialihkan ke http://beahappymillionaire.com/ oleh hacker yang mengaku kidszonk

Di bagian bawah tersebut tertulis ! BENDERA NEGARAKU BUKAN MAINAN !. Website tersebut diketahui diretas yang mengaku KidsZonk, hingga artikel ini dibuat web tersebut masih dalam status hacked.